SELAMAT DATANG DI BLOG JOGJA TV, HADIR DENGAN TRADISI KHAS JOGJA DARI JAM 06.00 WIB - 24.00 WIBKAPOLRES CIREBON AKBP HERUKOCO YANG MENJADI KORBAN BOM BUNUH DIRI DI MASJID MILIK MAPOLRES CIREBON KOTA SUDAH MULAI STABIL AKBP HERUKOCO MENJALANI RAWAT INAP DI RS PERTAMINA, KOTA CIREBON, JAWA BARATKORBAN BOM BUNUH DIRI DI MASJID MAPOLRESTA CIREBON 30 ORANG LUKA, 24 DIANTARANYA POLISI POLISI MASIH MENCARI IDENTITAS PELAKU BOM BUNUH DIRI YANG TEWAS DALAM SERANGAN BOM TERSEBUTFORUM UMAT ISLAM (FUI): PELAKU BOM BUNUH DIRI TAK PAHAM ATURAN JIHADFUI MENGUTUK BOM BUNUH DIRI DI MASJID MAPOLRES CIREBONFUI MENDUGA ADA UPAYA UNTUK MENGADU DOMBA UMAT ISLAM DAN POLISIFUI MEMINTA UMAT ISLAM AGAR WASPADA TERHADAP AKSI-AKSI PROVOKATIFSEBUAH KAPAL TUA DITEMUKAN DI AREAL SAWAH MILIK LASMIJAN DI JALUR 16 DESA MARGOMULYO, KECAMATAN MUARASUGIHAN, BANYUASINSEORANG TKI DI YORDANIA BERNAMA NURUL AHMAD LUKMAN DISIKSA MAJIKANNYA HINGGA BUTA SEBELAHPEMERINTAH SUDAH MENGIRIM PASUKAN KHUSUS UNTUK MEMBEBASKAN SANDERAPEMERINTAH AKHIRNYA MEMILIH JALUR NEGOSIASI DAN MEMPERSIAPKAN UANG UNTUK MENEBUS SANDERA YANG DITAWAN PEROMPAK SOMALIAPARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) AKAN TETAP BERADA DI DALAM KOALISI HINGGA 2014MENTERI AGAMA SURYA DHARMA ALI MENGUTUK AKSI BOM BUNUH DIRI DI MAPOLRESTA CIREBON, JAWA BARAT (15/4)PRAKIRAAN CUACA DI DIY HARI INI: HUJAN RINGAN, SUHU: 22 – 31 DERAJAT CELCIUS, KELEMBABAN: 59 – 97 PERSENMOTIF DAN IDENTITAS PELAKU BOM BUNUH DIRI DI MAPOLRES CIREBON BELUM DIKETAHUIANTISIPASI AKSI BOM, TENTARA DAN POLISI JAGA BANDARA SOEKARNO-HATTAKOMISI YUDISIAL (KY) MENEMUKAN INDIKASI ADANYA PENGABAIAN BUKTI YANG DILAKUKAN HAKIM PADA PERKARA ANTASARI AZHARNATO MEMINTA MAAF ATAS TERBUNUHNYA SEMBILAN WARGA SIPIL SAAT BEROPERASI DI KAWASAN AFGANISTAN TIMUR LAUT

Thursday, October 11, 2012

Kekayaan Wisata Di Kabupaten Gunungkidul

Travelling
Kekayaan Wisata Di Kabupaten Gunungkidul
Senin 8 Oktober 2012

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Kabupaten dengan ibukota Wonosari ini memiliki luas wilayah sebesar 1.485 km2 atau sekitar 46% dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan luas wilayah yang besar ini Gunungkidul memiliki potensi wisata cukup banyak dan berbeda dengan wilayah lainnya di DIY.
Banyak orang menyangka Gunungkidul adalah kabupaten yang sering mengalami kesulitan air. Namun siapa sangka kalau sekarang ini wisata yang sedang berkembang di Gunungkidul justru wisata air. Sebut saja air terjun Sri Gethuk. Obyek wisata yang terletak di Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen ini menjadi salah satu obyek wisata alternatif andalan Kabupaten Gunungkidul sejak tahun 2009. Hingga saat ini masyarakat Desa Bleberan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul terus mengembangkan potensi wisata di desa ini.


Selain air terjun Sri Gethuk,  Desa Bleberan juga memiliki obyek wisata Goa Rancang Kencana serta jelajah desa wisata. Namun saat ini pengembangan potensi wisata masih terfokus pada air terjun Sri Gethuk  dengan Desa Wisata Bleberan sebagai wisata pendukungnya.
Untuk memudahkan wisatawan menuju air terjun Sri Gethuk, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan warga telah membuka akses jalan menuju ke air terjun tersebut. Selain itu, warga Desa Bleberan juga membuat rakit yang disediakan untuk wisatawan yang ingin menuju lokasi air terjun dengan mengarungi aliran sungai Oya.
Di lokasi air terjun  disediakan rompi pelampung yang disewakan kepada pengunjung yang ingin bermain di sungai Oya. Sungai dengan air tenang namun cukup dalam ini sangat menarik sekali sebagai tempat berenang. Bahkan pengunjung juga bisa melompat dari ketinggian 2 meter ke dalam sungai oya ini.
Selain itu, pengunjung tidak perlu khawatir dengan terik matahari karena di sekitar air terjun tumbuh pepohonan rindang yang membuat suasana sekitar terasa sejuk.
Gunungkidul dengan struktur tanahnya yang berupa batuan karst memungkinkan air lebih mudah meresap masuk ke tanah  sehingga bagian permukaan tanah di Gunungkidul tampak kering. Air di dalam tanah ini tidak sepenuhnya meresap turun  namun mengalir pada lapisan tertentu dan tidak mudah tembus ke dalam tanah. Hal inilah yang membuat kawasan Gunungkidul banyak ditemukan goa-goa dan sungai bawah tanah  serta hasil tambang batuan karst seperti yang ada di Desa Wisata Mojo.
Di Desa Wisata Mojo terdapat goa bawah tanah yang disebut Goa Jamprong. Goa ini terhubung dengan dua goa lainnya yakni Goa Gesing dan Goa Sinden.

Struktur tanah Gunungkidul yang didominasi batuan kapur menjadikan pantai-pantai di Gunungkidul berpasir putih. Beberapa pantai di Gunungkidul yang namanya belum begitu popular, adalah pantai Jungwok dan pantai Pok Tunggal.


Pantai Jungwok saat ini sudah bisa dijangkau dengan kendaraan karena telah dibuka akses jalan menuju pantai itu. Pantai yang terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul ini masih jarang didatangi pengunjung sehingga suasana pantai sangat tenang.



Pantai lainnya yang masih jarang didatangi pengunjung adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Desa Sidoarjo Kecamatan Tepus. Pantai Pok tunggal sebenarnya masih satu kawasan dengan pantai Krakal, Tepus dan Pantai Pulang Sawal. Pantai ini sedang dirintis sehingga pengunjung yang masuk ke pantai ini tidak ditarik retribusi. Ciri khas pantai ini adalah pasir putihnya yang luas dengan sebuah pohon yang rindang menghiasi tepiannya. Meskipun namanya belum begitu dikenal luas namun pantai ini sudah memiliki fasilitas seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi  dan juga warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman bagi pengunjung.
Saksikan selengkapnya dalam Travelling, Senin 8 Oktober 2012 pukul 13.00 WIB

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Jogjatv template. Powered by Blogger.

Jogja TV by M. Safii